Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

MoU Unira Dan Atase Pendidikan Dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Malaysia


unira.ac.id (Jumat, 01/09/2023) Universitas Madura dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, menjalin kerjasama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Jumat, 1 September 2023 di Universitas Muhammadiyah Surabaya.
MoU ini dimaksudkan  sebagai landasan bagi semua pihak dalam melakukan kerjasama program akses Pendidikan tinggi bagi siswa lulusan sekolah Indonesia khususnya anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia.

Secara khusus tujuan kesepakatan ini adalah (1) Memfasilitasi penerimaan mahasiswa yang berasal dari anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia (2) Menyediakan jalur prioritas beasiswa bagi anak Pekerja Migran Indonesia baik bagi siswa yang masih ada di Malaysia maupun sudah di Indonesia, dan (3) Meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi, serta segala sumber daya yang tersedia pada para pihak.

Selain itu, ruang lingkup kesepakatan ini difokuskan pada: (1) Anak Pekerja Migran Indonesia yang lulus dari Sekolah Indonesia di Malaysia dan yang berlokasi di Indonesia, (2) Peningkatan kompetensi Calon pekerja Migran Indonesia dan /atau pekerja Migran Indonesia sesuai persyaratan Negara tujuan penempatan, serta (3) Pelaksanaan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung program penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Penandatanganan MoU ini menandai langkah maju dalam hubungan pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Malaysia. Kedua belah pihak berkomitmen untuk mengimplementasikan kesepakatan ini dengan baik dan berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk pertukaran ilmu pengetahuan dan kegiatan akademis antar kedua negara dalam waktu yang akan datang.




Di Posting Oleh: M. KHOIRI, M.Pd.,


Terima Kasih Telah Membaca Berita Ini

Mari kita tingkatkan budaya literasi kita, demi menciptakan generasi yang handal dan memiliki masa depan yang cerah, dengan membaca kita bisa menambah banyak wawasan