Universitas Madura - Pameran Produk UMKM Dari Desa Binaan Oleh Mahasiswa KKN Unira

Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

Pameran Produk UMKM Dari Desa Binaan Oleh Mahasiswa KKN Unira


unira.ac.id (Ahad, 10/09/2023) Universitas Madura (Unira) melaksanakan Pameran Produk UMKM dari desa dalam rangka menguatkan salah satu bidang kompetensi mahasiswa dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa binaan produk Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta dalam rangka melatih potensi dan karya mahasiswa dalam menjalankan masa pengabdian di masyarakat. Kegiatan ini dikoordinasikan langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Madura.

Dalam hal ini, Dr. Moh zali S.pt M.Agr. sebagai ketua LPPM Universitas menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksan atas kerja sama dengan pihak Dinas perhubungan sekaligus sebagai bukti dukungan penuh terhadap binaan UMKM yang sudah dilakukan di tempat KKN nya masing masing.

Pelaksanaan pameran produk dari desa binaan KKN dilaksanakan pada hari Ahad di area Arek Lancor berlangsung dari jam 05:00 sampai 09:00 pamiran tersebut 2 katagori dari mahasiswa dan masyarakat, yang dari mahasiswa bermodal sendiri dan untung nya di nikmati sendiri, bagi yang masyarakat bagi hasil dengan persen yang sudah di sepakati.

Menurut Ainur Rofiq Hafsi S Pd., M Pd., sebagai kordinator agenda tersebut menyatakan bahwa persiapan kegiatan pameran produk-produk UMKM ini memang dikonsep untuk melatih jiwa kewirausahaan para mahasiswa.

"Kegiatan ini menjadi salah satu tujuan dari kegiatan mahasiswa sehingga kami memfasilitasi penuh pada kegiatan ini, dan perlu diketahui bahwa agenda ini sudah berjalan 3 tahun berturut turut" ujarnya dalam wawancara.

Dan juga tampak hadir dari pihak civitas akademika universitas madura yang mengunjungi pameran ini menanggapi kegiatan ini secara positif, menyampaikan, bahwa kegiatan ini benar benar efektif dalam mengembangkan minat kreatifitas mahasiswa dalam menghasilkan olahan produk sehingga nantinya bisa menjadi bekal para mahasiswa untuk bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat desa yang dalam hal ini masih notabennya kurang ilmu dalam memasarkan produknya.

Adapun beberapa produk yang di tawarkan oleh mahasiswa meski 70% nya itu kuliner selain itu juga ada produk pengembangan berupa pupuk dari kotoran ternak. selain itu, ada lagi yang sangat di minati oleh peternak yaitu wafer sapi.


Di Posting Oleh: M. KHOIRI, M.Pd.,


Terima Kasih Telah Membaca Berita Ini

Mari kita tingkatkan budaya literasi kita, demi menciptakan generasi yang handal dan memiliki masa depan yang cerah, dengan membaca kita bisa menambah banyak wawasan