Universitas Madura - Prodi Administrasi Publik Berhasil Lolos Seleksi Program Hibah PKKM 2024

Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

Prodi Administrasi Publik Berhasil Lolos Seleksi Program Hibah PKKM 2024


unira.ac.id (Rabu, 05/06/2024) Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Madura berhasil lolos seleksi Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024. Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini akan dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Desember 2024. Keberhasilan ini merupakan pencapaian yang signifikan bagi Universitas Madura dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja.

Dalam pelaksanaan PKKM 2024, pihak yang terlibat meliputi dosen dan mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik, perguruan tinggi lain sebagai mitra MBKM, serta institusi pemerintah dan Dunia Usaha - Dunia Industri (DUDI). Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kompetensi mahasiswa dan dosen, serta mendorong tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Salah satu program unggulan dalam PKKM 2024 adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik akan memiliki kesempatan untuk mengikuti pertukaran di perguruan tinggi mitra serta program magang di institusi pemerintah dan perusahaan industri. Program ini dirancang untuk memperluas wawasan akademik dan praktis mahasiswa, serta memperkuat keterampilan yang relevan dengan dunia kerja.

Selain pertukaran dan magang, Program Kompetisi Kampus Merdeka juga mencakup kegiatan Proyek Kemanusiaan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan terlibat dalam proyek sosial yang bertujuan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya mengasah kepekaan sosial mahasiswa, tetapi juga mengembangkan kemampuan mereka dalam menghadapi isu-isu kemanusiaan yang kompleks.

PKKM 2024 juga menekankan pentingnya kemitraan dengan perguruan tinggi lain, institusi pemerintah, dan DUDI. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi melalui pertukaran pengetahuan dan sumber daya. Selain itu, program ini akan mendorong pengembangan kewirausahaan mahasiswa, memberikan pelatihan dan bimbingan untuk menciptakan inovasi dan lapangan kerja baru.

Sebagai bagian dari program ini, akan diselenggarakan berbagai lokakarya dan Focus Group Discussion (FGD) terkait kurikulum serta praktisi mengajar. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbarui kurikulum agar lebih sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan industri. Kehadiran praktisi dari dunia industri dalam proses pembelajaran juga diharapkan dapat memberikan perspektif praktis yang lebih luas kepada mahasiswa, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Keberhasilan ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi Program Studi Administrasi Publik FIA Universitas Madura serta berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.


Di Posting Oleh: M. KHOIRI, M.Pd.,


Terima Kasih Telah Membaca Berita Ini

Mari kita tingkatkan budaya literasi kita, demi menciptakan generasi yang handal dan memiliki masa depan yang cerah, dengan membaca kita bisa menambah banyak wawasan