Universitas Madura - Universitas Madura Gelar Bimtek SATGAS PPKS LLDIKTI Wilayah VII Angkatan II

Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

Universitas Madura Gelar Bimtek SATGAS PPKS LLDIKTI Wilayah VII Angkatan II


Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi SATGAS PPKS di lingkungan LLDIKTI Wilayah VII Angkatan II berlangsung pada hari Kamis, 13 Juni 2024 di Universitas Madura, Pamekasan. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Madura, Dr. Drs. Ec. Gazali, MM., beserta para Wakil Rektor dan pimpinan unit di lingkungan universitas. Selain itu, para undangan dari perguruan tinggi se-Madura juga turut serta. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan SATGAS PPKS dalam menjalankan tugasnya. Bimtek ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan pendidikan tinggi.

Rektor Universitas Madura, Dr. Drs. Ec. Gazali, MM., menyampaikan sambutannya dengan menekankan pentingnya peran SATGAS PPKS dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dan bebas dari kekerasan seksual. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara SATGAS dan seluruh civitas akademika dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Dalam kesempatan itu, beliau mengapresiasi kehadiran para peserta dari berbagai perguruan tinggi se-Madura. Hal ini menunjukkan komitmen bersama dalam memerangi kekerasan seksual. Ia berharap melalui Bimtek ini, SATGAS PPKS dapat lebih profesional dan responsif dalam menjalankan tugasnya.

Sambutan dari LLDIKTI Wilayah VII juga turut memberikan pemaparan mengenai kebijakan dan langkah-langkah strategis yang telah diambil dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Mereka menekankan pentingnya pelaporan yang transparan dan prosedur penanganan yang cepat dan tepat. Dalam sesi ini, juga dibahas tentang peran penting unit-unit di universitas dalam mendukung kerja SATGAS PPKS. Kerjasama lintas unit dianggap krusial untuk menciptakan sistem pencegahan dan penanganan yang efektif. 

Acara Bimtek ini juga diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh para ahli dan praktisi di bidang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Materi yang disampaikan meliputi aspek hukum, psikologis, dan teknis dalam penanganan kasus kekerasan seksual. Para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait penanganan kasus di lingkungan kampus mereka masing-masing. Diskusi ini bertujuan untuk saling bertukar informasi dan strategi yang efektif dalam menangani kekerasan seksual. Dengan demikian, diharapkan ada peningkatan pemahaman dan keterampilan di kalangan SATGAS PPKS.

Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk membangun jaringan antar SATGAS PPKS di perguruan tinggi se-Madura. Jaringan ini penting untuk memperkuat koordinasi dan kerjasama dalam penanganan kasus kekerasan seksual. Melalui jaringan ini, diharapkan dapat tercipta sistem pendukung yang saling membantu dan memperkuat. Para peserta menyadari pentingnya kerjasama dan solidaritas dalam mengatasi tantangan yang dihadapi. Dengan adanya jaringan ini, diharapkan setiap perguruan tinggi dapat lebih efektif dalam mencegah dan menangani kekerasan seksual.

Penutupan acara Bimtek dilakukan dengan pemberian penghargaan dari LLDIKTI VII kepada Universitas Madura. Rektor Universitas Madura, Dr. Drs. Ec. Gazali, MM., dalam penutupan acara menyampaikan harapannya agar ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama Bimtek dapat diterapkan dengan baik di masing-masing perguruan tinggi. Ia juga berharap agar SATGAS PPKS dapat terus berinovasi dalam menjalankan tugasnya. Komitmen dan kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan lingkungan pendidikan tinggi yang aman dan bebas dari kekerasan seksual. Dengan demikian, universitas dapat menjadi tempat yang kondusif bagi proses belajar mengajar.


Di Posting Oleh: M. KHOIRI, M.Pd.,


Terima Kasih Telah Membaca Berita Ini

Mari kita tingkatkan budaya literasi kita, demi menciptakan generasi yang handal dan memiliki masa depan yang cerah, dengan membaca kita bisa menambah banyak wawasan