Universitas Madura - Pendandatanganan Kerjasama Universitas Madura Dan Dinas Dukcapil Kabupaten Pamekasan

Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

Pendandatanganan Kerjasama Universitas Madura Dan Dinas Dukcapil Kabupaten Pamekasan


unira.ac.id (Senin, 24/06/2024) Pada hari Senin, 24 Juni 2024, Universitas Madura mengadakan acara penandatanganan kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pamekasan. Acara yang berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Madura ini bertujuan untuk memfasilitasi aktivasi identitas kependudukan digital bagi seluruh civitas akademika Universitas Madura. Penandatanganan kerja sama ini merupakan langkah strategis yang diambil oleh kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan efisiensi administrasi dan layanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi mahasiswa, dosen, dan staf administrasi di Universitas Madura. Melalui program ini, seluruh civitas akademika akan mendapatkan akses yang lebih mudah dan cepat terhadap layanan kependudukan, seperti pembuatan KTP elektronik dan berbagai layanan lainnya yang dapat diakses secara digital. Selain itu, juga membantu memfasilitasi para mahasiswa dalam rangka pembekalan program pengabdian KKN dan KKMB Universitas Madura. Implementasi identitas kependudukan digital ini juga diharapkan dapat mengurangi birokrasi yang seringkali menjadi kendala dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Rektor Universitas Madura, Dr. H. Gazali, M.M., menyampaikan apresiasinya terhadap Disdukcapil Kabupaten Pamekasan atas kerja sama ini. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya modernisasi sistem kependudukan dalam mendukung kegiatan akademik dan administrasi di lingkungan universitas. Rektor juga menyatakan bahwa program ini sejalan dengan visi Universitas Madura untuk menjadi universitas yang unggul dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Pamekasan, Drs. Saudi Rahman, M.Si., juga mengungkapkan kebanggaannya dapat bekerja sama dengan Universitas Madura. Beliau menjelaskan bahwa program fasilitasi aktivasi identitas kependudukan digital ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Ibu Siti Rahmawati berharap kerja sama ini dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan layanan kependudukan.

 

Dengan adanya kerja sama ini, Universitas Madura dan Disdukcapil Kabupaten Pamekasan berharap dapat menciptakan lingkungan akademik yang lebih modern dan efisien. Kedua belah pihak berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam mengembangkan inovasi-inovasi digital lainnya yang dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan publik di Kabupaten Pamekasan. Program ini diharapkan menjadi langkah awal menuju transformasi digital yang lebih luas di masa mendatang.


Di Posting Oleh: M. KHOIRI, M.Pd.,


Terima Kasih Telah Membaca Berita Ini

Mari kita tingkatkan budaya literasi kita, demi menciptakan generasi yang handal dan memiliki masa depan yang cerah, dengan membaca kita bisa menambah banyak wawasan