Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

Pemaparan Smart Village Desa Waru Barat Oleh Tim IT Universitas Madura


Pamekasan, Kamis (16/11/2017) Universitas Madura (Unira) melakukan pertemuan di Ruang Pertemuan Wakil Rektor I Unira dalam rangka kerjasama peningkatan fasilitas dan layanan Pemerintah Desa Waru Barat. Unira diwakili oleh Dr. Faisal Estu Yulianto, MT (Wakil Rektor I), Rahmad, M.Pd. (Wakil Rektor III), Tim IT yang dipimpin oleh Badar Said, M.Kom, dan Drs. Ec. Taufikur Rahman, M.M (Biro Komunikasi dan Kerjasama) serta beberapa dosen Universitas Madura. Sedangkan Pemerintah Desa Waru Barat dihadiri langsung oleh Abdus Salam (Kepala Desa Waru Barat) didampingi oleh Babinkamtibmas, Badan Perwakilan Desa, serta beberapa orang dari jajaran pemerintahaan desa.

Tim IT Universitas Madura sebagai tim leader dalam program “Smart Village” memaparkan konsep peningkatan fasilitas dan layanan di depan para peserta pertemuan. Smart Village adalah sebuah program yang membangun sistem kehidupan masyarakat desa yang berbasis digital. Program ini meliputi banyak hal, baik dalam surat menyurat online, layanan kesehatan, keamanan dan ketertiban masyarakat, dan dalam rangka mewujudkan desa bebasis syariah.


Abdus Salam, Kepala Desa Waru Barat, mengatakan program tersebut diharapkan dapat memudahkan pemerintah desa dalam memantau aktivitas dan lebih efektif dan efisien.  Surat menyurat online akan memudahkan warga dalam hal melakukan administrasi desa, meminimalisir kriminalitas yang ada, dan masyarakat dapat mendengar lantunan Al Quran di seluruh pesolok desa. Demikian program “Smart Village” menjadi program yang menyeluruh dan dapat menyentuh masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat dapat dilayani secara cepat dan tepat. (BKK)


Di Posting Oleh: MOH. ZAYYADI, S.Pd.,M.Pd.,


Terima Kasih Telah Membaca Berita Ini

Mari kita tingkatkan budaya literasi kita, demi menciptakan generasi yang handal dan memiliki masa depan yang cerah, dengan membaca kita bisa menambah banyak wawasan