phone (0324) 322231, 325786 email info@unira.ac.id
logo
01
Desember
2025

Dosen FIA UNIRA Wujudkan Pembelajaran Mendalam (deep learning) Berbasis Teknologi Informasi

#Berita

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Madura (UNIRA)  laksnakan Pengabdian keoada masyarakat bertajuk ” Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok untuk Mewujudkan  Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)Pada Siswa kelas VI SD Negeri Toket 2, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan”pada  Senin tanggal 17 November 2025.

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Madura (UNIRA)  laksnakan Pengabdian keoada masyarakat bertajuk ” Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok untuk Mewujudkan  Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)Pada Siswa kelas VI SD Negeri Toket 2, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan”pada  Senin tanggal 17 November 2025.

Manfaatkan Tiktok   untuk  media pembelajaran mendalam  (deep learning)  di SD Negeri Toket 2, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan.

               Pemanfaatan media sosial Tiktok menjadi salah satu media pembelajaran saat ini semakin gencar dilaksanakan sebagai bentuk  adaptasi pada era digitalisasi pembelajaran. Dosen Fakultas Ilmu Administrasi  Universitas Madura,  Nur Fathin Luaylik , S.Hum.,M.KP  dan Moh Hamzah, S.Sos.,M.Si  , beserta dua orang mahaisswa aktif Fakultas  Ilmu Administrasi  Nuri Sugesti Maghdalina dan  Ani Nuir Faizah, menggelar pengabdian kepada  Masyarakat dengan tema “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok untuk Mewujudkan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)Pada Siswa kelas VI SD Negeri Toket 2, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan”.

            Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu wujud Tridharma Perguruan Tinggi, didukung dan didanai penuh oleh Universitas Madura. Kegiatan  mendapat sambutan luar biasa dari pihak SD Negeri Toket 2 maupun dari siswa kelas VI sebanyak 17 orang siswa.  Kegiatan ini  merupakan lagkah menegaskan bahwa media sossial  bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran jika dikemas dengan penggunaan secara bijak. ”saya merasa senang dengan kegiatan speerti ini, sebab bisa membantu  para guru mempermudah dalam penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran “ ungkap Kepala SD negeri Toket 2, Sri Rahmaniyah, S.Pd.SD.

Melatih Fokus Siswa melalui Pembuatan Anyaman Sederhana

Salah satu rangkain kegiatan pengabdian kepada masyarkat yakni menggunakan media sosial dalam mengakses media pembelajaran. Dimana kegiatan ini melibatkan juga  peran wali kelas VI untuk memperkanlkan lebih awal mengenai fungsi  Tiktok bukan hanya sebagai hiburan melainkan jiga berfungsi  media pembelajaran . Dalam kegiatan ini siswa kelas VI dilatih  fokusnya dalam menyimak materi yang disampaikan Wali kelas melalui media Tiktok. Salah satunya adalah langkah membuat anyaman dilengkapai motif nama masing-masing siswa .  Setelah pemamparan materi  kegiatan berlanjut untuk  menyelesaiakan pembuatan anyaman dilengkapi motif nama siswa masing-masing. Terlohat sangat antusian siswa kelas VI menyelesaikan motif anyaman ini, sehingga bisa selsai sesuai dengan waktu yang diprediksikan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat.

Akses Referensi berbasis perustakaan digital

Produk tim  pengabdian kepada masyarakat   UNIRA menyediakan kemudahan siswa dalam  menggunakan perputakaan digital. Dimaa di kelas VI ini sudah tersedia TV pintar dan akses internet. Sehingga tim pengabdian kepada masyarakat mengoptimalkan fungsi refrensi digital. Siswa kelas VI dipermudah dengan dilatih menggunakan TV pintar dan akses internat untuk mendapatkan refrensi  mata pelajaran.  Dimaa keter;ibatan walo kelas dan tim pengabdian kepada masyarakat membuat siswa kelas VI menjadi lebih fokus  menyimak materi pelajaran.  Esensi pembelajaran berbasis digital terutama menggunakan Tiktok semakin menarik perhatian siswa kelas VI dan lebih memeperudah penyampaian materi. Sehingga tujuan utama tim pengabdian kepada masyarakat yakni mewujudkan pembelajaran mendalam (deep learning) bisa terwujud   namu ettap menciptakan nuansa pembelajaran yang menarik.

Optimalisasi media referensi coding  ciptakan nuansa  pembelajaran mendalam (deep learning)

Tim pengabdian kepada masyarakat menyediakan  buku xoding dengan tema berbeda. Siswa pembelajaran diupayakan suopaya tetap menarik dengan menekankan kemampuan motorik siswa kelas VI. Nuansa pembelajaran  lebih bervariasi dan  siswa lebih kmunikarif untuk emnyelsaikan berbagai tugas yang tersedia di buku coding. Sehingga kemampuan motorik siswa bukan hanya mengasai materi namun, materi digunakan untuk menyelsaikan tiugas . Sehingga bisa meningkatkan daya ingat siswa tentang materi pelajaran.

Luaran pengabdian  diharapakan terus memberikan manfaat kepada mitra dalam  membantu mewujudkan pembe;ajaran mendalan dan mengoptimalkan teknologi  bukan hanya sebagai media hiburan namun media pendidikan ”Media sosial Tiktok bisa sangat memeberikan manfaat , jika digunakan bukan hanya untuk hiburan namun juga sangat bermanafaat untuk mewujudkan pembe;ajaran mendalam”pungkas Ketua pengabdian kepada masyarakat, Nur Fathin Luaylik.

Universitas Madura

AKHMAD TZAURI, S.KOM

01 Desember 2025


Bagikan: