Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

Detail Pengabdian Masyarakat

Pengembangan Sekolah Inklusi Dengan Pemanfaatan Media Visual Scratch Dan Alat Peraga Manipulatif

Deskripsi : Pendidikan inklusi merupakan perkembangan terkini dari model pendidikan bagi anak berkelainan yang secara formal. Sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi harus mempunyai kesiapan dalam segala hal baik dari kesiapan kepala sekolah, guru, dan sebagainya yang menunjang terlaksananya pendidikan inklusi dengan baik. Guru yang efektif jika mereka mampu memberikan bantuan kepada siswa dengan berbagai pendekatan dalam pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif siswa. Bantuan (scaffolding) yang akan diberikan pada sekolah inklusi ini dengan pemanfaatan media pembelajaran visual scratch dan alat peraga manipulatif untuk pemahaman konsep perkalian bilangan, kemampuan visual, konsentrasi belajar, dan kemampuan membaca, terutama bagi siswa ABK.

Keyword : Sekolah inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), media visual scratch, alat peraga manipulatif, pemahaman konsep.

Peneliti : Dr. UKHTI RAUDHATUL JANNAH, S.Pd.,M.Pd. (Universitas Madura), FAUZAN PRASETYO E. P., S.ST.,M.Kom. (Universitas Madura)

Tanggal : 2020, Prodi : Pendidikan Matematika, Nominal Rp. 40.700.000