Universitas Madura - SEAMOLEC: Pendampingan Tahap 1 Pelatihan Pengembangan Macrolearning Bagi Dosen

Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

SEAMOLEC: Pendampingan Tahap 1 Pelatihan Pengembangan Macrolearning Bagi Dosen


unira.ac.id (Selasa, 11/06/2024) Universitas Madura, bekerja sama dengan Southeast Asian Ministry Education Organization (SEAMEO) Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), menyelenggarakan program pendampingan tahap pertama pelatihan pengembangan macrolearning bagi dosen. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 10-13 Juni 2024 di kampus Universitas Madura. Program ini dihadiri oleh Rektor Universitas Madura, para pimpinan unit, dan dosen di lingkungan universitas tersebut. Selain itu, hadir pula utusan dari SEAMOLEC, yaitu Dona Octanary dari Divisi Training, Aggry Tiharapitra dari Divisi Training, dan Nurhaeti dari Divisi Administrasi dan Keuangan. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh SEAMOLEC terhadap inisiatif ini.

Rektor Universitas Madura, dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya program pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pengajaran di universitas. Beliau menekankan bahwa pengembangan macrolearning akan membantu dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran secara lebih efektif dan inovatif. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam menggunakan teknologi pendidikan terbaru. Rektor juga berterima kasih kepada SEAMOLEC atas kerja samanya dalam mewujudkan program ini. Beliau berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut di masa depan.

Dona Octanary dari Divisi Training SEAMOLEC menyatakan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya SEAMOLEC untuk mendukung pengembangan kapasitas tenaga pengajar di kawasan Asia Tenggara. Ia menjelaskan bahwa macrolearning adalah pendekatan yang menekankan pada pembelajaran yang mendalam dan berkelanjutan. Melalui program ini, dosen diharapkan dapat mengembangkan strategi pengajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dona juga menambahkan bahwa program ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, dengan tahap pertama ini fokus pada pengenalan dan dasar-dasar macrolearning. SEAMOLEC siap memberikan dukungan penuh selama program berlangsung.

Aggry Tiharapitra dari Divisi Training SEAMOLEC turut memberikan pemaparan tentang materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini. Ia menjelaskan bahwa pelatihan akan mencakup berbagai aspek, mulai dari perencanaan pembelajaran, implementasi teknologi, hingga evaluasi dan feedback. Aggry menekankan pentingnya interaksi dan partisipasi aktif dari para dosen selama pelatihan. Ia juga mengajak para peserta untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam proses pengajaran. Dengan demikian, pelatihan ini akan menjadi lebih interaktif dan aplikatif.

Nurhaeti dari Divisi Administrasi dan Keuangan SEAMOLEC menyampaikan bahwa program ini juga didukung oleh fasilitas yang memadai untuk memastikan kelancaran pelatihan. Ia menjelaskan bahwa SEAMOLEC telah menyediakan berbagai sumber daya, termasuk modul pelatihan dan akses ke platform pembelajaran daring. Nurhaeti juga memastikan bahwa segala kebutuhan logistik dan administrasi peserta akan terpenuhi dengan baik. Hal ini bertujuan agar peserta dapat fokus dan maksimal dalam mengikuti setiap sesi pelatihan. Dukungan administrasi yang baik diharapkan dapat mendukung suksesnya program ini.

Program pelatihan pengembangan macrolearning ini mendapat sambutan positif dari para dosen Universitas Madura. Mereka menyatakan antusiasme dan komitmen untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Para dosen berharap dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan dalam kegiatan pengajaran sehari-hari. Dengan adanya program ini, Universitas Madura berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi tuntutan zaman. Sinergi antara Universitas Madura dan SEAMOLEC diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengembangkan kapabilitas tenaga pengajar.


Di Posting Oleh: M. KHOIRI, M.Pd.,


Terima Kasih Telah Membaca Berita Ini

Mari kita tingkatkan budaya literasi kita, demi menciptakan generasi yang handal dan memiliki masa depan yang cerah, dengan membaca kita bisa menambah banyak wawasan