Universitas Madura
Jl. Panglegur Km. 3,5 Pamekasan Jawa Timur


(0324) 322231, 325786

Detail Pengabdian Masyarakat

Digitalisasi 4.0 Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Peternak Kambing Di Dusun Solot Kabupaten Pamekasan

Deskripsi : Peternakan memiliki peran penting dan merupakan bagian dari pertanian dimana mencakup usaha baik itu pengelolaan sarana produksi, budidaya, prosesing atau penanganan dalam masa pemeliharaan, penanganan pasca panen serta pemasaran [1]. Tidak hanya terbatas pada pemeliharaan, peternakan merupakan sebuah kegiatan pengembangbiakan dan budidaya hewan ternak guna memperoleh manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Peternakan memiliki tujuan mendapatkan keuntungan dengan menerapkan prinsip manajemen pada factor produksi yang dikombinasikan secara optimal [2]. Usaha peternakan yang dijalankan di Dusun Solot ini termasuk usaha yang sifatnya mandiri, dimana semua biaya operasional dan pembelian bibit berasal dari modal sendiri sehingga resiko terburuk yang akan diterima oleh peternak adalah tanggungjawab peternak sendiri. Dusun Solot terletak di Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan dimana sebagian penduduknya berprofesi sebagai peternak dan petani namun yang juga masih sering menjadi permasalahan umum adalah belum adanya manajemen pengelolaan limbah sehingga aktivitas peternakan dirasa mengganggu oleh masyarakat lainnya. Permasalahan lain yang dihadapi oleh peternak kambing di Dusun Solot ini antara lain kesulitan dalam menerima pesenan dan pemasaran kambing potong, dimana kesulitan tersebut adalah dalam proses pengelolaan data pesanan yang banyak apalagi disaat menjelang hari raya idul adha atau adanya perayaan yang membutuhkan kambing potong dalam jumlah besar. Permasalahan ketiga adalah cara memasarkan produk secara luas. Solusi yang ditawarkan adalah Memberikan penyuluhan berupa edukasi mengenai strategi komunikasi pemasaran berbasis teknologi digitalisasi 4.0. Pendampingan dalam pengolahan limbah dari peternakan tersebut menjadi biogas dan pupuk. Dan memberikan pendampingan kepada peternak secara berkesinambungan. Luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini yaitu Peternak dapat melakukan pemasaran secara online (baik melalui website ataupun media social lainnya). Dan Adanya pendapatan tambahan dari kegiatan pengolahan limbah tersebut.

Keyword : Digitalisasi; strategi komunikasi; ternak kambing; pemasaran digital; ternak rakyat

Peneliti : CEPRYANA SATHALICA WIDYANANDA, SP., MM. (Universitas Madura), Zulfaini Shamad, S.Pt., M.Pt (Universitas Madura), IR. JOKO PURDIYANTO, MP. (Universitas Madura)

Tanggal : 2023, Prodi : Agribisnis, Nominal Rp. 5.750.000