phone (0324) 322231, 325786 email info@unira.ac.id
logo
03
Agustus
2024

Perangi Bahaya! Mahasiswa KKN Posko 25 Universitas Madura Gelar Sosialisasi Bahaya Rokok dan Narkoba di Desa Bicorong

#Berita

Pamekasan, 27 Juli 2024. Dalam upaya mengedukasi generasi muda tentang bahaya rokok dan narkoba, mahasiswa KKN Universitas Madura dari kelompok 25 menggelar sosialisasi intensif di Yayasan As-Sonhaji Karang Nyior, Desa Bicorong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah-sekolah menengah, dengan partisipasi aktif dari siswa SMP dan SMA Lembaga Riyadul Ulum Karang Nyior.

Pamekasan, 27 Juli 2024. Dalam upaya mengedukasi generasi muda tentang bahaya rokok dan narkoba, mahasiswa KKN Universitas Madura dari kelompok 25 menggelar sosialisasi intensif di Yayasan As-Sonhaji Karang Nyior, Desa Bicorong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah-sekolah menengah, dengan partisipasi aktif dari siswa SMP dan SMA Lembaga Riyadul Ulum Karang Nyior.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan risiko kesehatan yang serius yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok dan penyalahgunaan narkoba. Menurut koordinator kegiatan, Mahsun, "Kami ingin memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa tentang dampak negatif rokok dan narkoba tidak hanya bagi kesehatan fisik, tetapi juga aspek sosial dan akademik mereka." Achmad Mudani, selaku koordinator desa KKN kelompok 25, sangat mendorong semua anggotanya agar acara ini dapat berjalan dengan sukses. Ia menjelaskan bahwa "pemuda zaman sekarang sangat mudah dipengaruhi oleh dunia luar, mereka beranggapan bahwa merokok dapat membuat diri kita semakin keren di hadapan umum. Maka dari itu, saya sangat antusias acara ini cepat dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai bahaya rokok dan narkoba bagi kesehatan."

Acara dimulai dengan sesi pemaparan yang informatif, di mana Ibu Anny Widarty, Amd. Keb., sebagai pemateri, menyampaikan fakta ilmiah tentang berbagai penyakit serius seperti kanker, gangguan pernapasan, serta dampak psikologis yang dapat ditimbulkan oleh merokok dan narkoba. "Ini bukan hanya masalah kesehatan individual, tetapi juga menyangkut kualitas hidup dan masa depan mereka," tambah Ibu Anny Widarty, Amd. Keb.

 

Sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada pemateri. Pemateri juga memberikan pertanyaan kepada siswa dan memberikan reward bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaannya, sehingga siswa sangat bersemangat untuk menjawab dan memiliki kesempatan untuk berdiskusi mengenai cara-cara menghindari godaan rokok dan narkoba di lingkungan sekitar mereka. Selain itu, pemateri juga menampilkan video yang berisi informasi mendalam tentang bahaya rokok dan narkoba, serta saran praktis untuk menghadapi tekanan sebaya yang mungkin mendorong mereka untuk mencoba kedua zat tersebut.

 

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah serta Kepala Desa Bicorong. Ketua Yayasan As-Sonhaji Karang Nyior, Kiyai Shoheb As-Sonhaji, mengungkapkan apresiasi besar terhadap inisiatif mahasiswa tersebut. "Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini yang tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga mengajarkan siswa untuk membuat pilihan hidup yang sehat dan positif," katanya. Beliau juga menambahkan dalam sambutannya, "Kita tidak boleh mencari tahu atau meneliti tentang narkoba itu apalagi sampai mengonsumsinya." Bapak RKH. Ubaidillah S.Pt, M.Agr, S.SOS., selaku perwakilan Kepala Desa, juga sangat mendukung kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa "Rokok dan narkoba itu sangat berbahaya, dan kita sebagai masyarakat yang memiliki pemikiran luas hanya cukup mengetahui namanya saja, tidak boleh mengetahui lebih lanjut apalagi mencobanya."

Diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam mengubah perilaku siswa terhadap rokok dan narkoba, serta menginspirasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap kesehatan mereka sendiri dan lingkungan sekitar.

Universitas Madura

M. KHOIRI, M.Pd.

03 Agustus 2024


Bagikan: